Wednesday, February 24, 2016

Candi Bersejarah Garut

Garut ternyata mempunyai aspek bersejarah, salah satunya adalah Candi Cangkuang. Candi tersebut berlokasi di daerah Leles, Kab Kab Garut.
[Baca: Pencak Silat Kesenian Bela Diri Garut]

Source: en.wikipedia.org
Candi di beri nama oleh masyarakat setempat dan bernama "Cangkuang" karena masyrakatnya berdesa Cangkuang.  Cagar budaya Cangkuang terletak di sebuah daratan di tengah danau kecil (dalam bahasa Sunda disebut situ), sehingga untuk mencapai tempat tersebut melalui jalur utama, pengunjung harus menyeberang dengan menggunakan rakit.

Lokasi danau Cangkuang ini topografinya terdapat pada satu lembah yang subur kira-kira 600-an m l.b.l. yang dikelilingi pegunungan: Gunung Haruman (1.218 m l.b.l.) di sebelah timur - utara, Pasir Kadaleman (681 m l.b.l.) di timur selatan, Pasir Gadung (1.841 m l.b.l.) di sebelah selatan, Gunung Guntur (2.849 m l.b.l.) di sebelah barat-selatan, Gunung Malang (1.329 m l.b.l.) di sebelah barat, Gunung Mandalawangi di sebelah barat-utara, serta Gunung Kaledong (1.249 m l.b.l.) di sebelah utara.

Candi ini ditemukan pada tahun 1966 oleh tim peneliti Harsoyo dan Uka Tjandrasasmita berdasarkan laporan Vorderman dalam buku Notulen Bataviaasch Genotschap terbitan tahun 1893 mengenai adanya sebuah arca yang rusak serta makam kuno di bukit Kampung Pulo, Leles.

Jika anda berwisata ke Garut, anda wajib untuk berkunjung, karena keindahannya tidak bisa di beli oleh hati, tapi karena indahnya mata.




Rekomendasi Untuk Anda × +
Load disqus comments

0 comments