Wednesday, February 24, 2016

Pencak Silat Kesenian Bela Diri Garut

Siapa yang hari ini tidak kenal dengan Pencak Silat di Garut, masih ada pendekar di Garut yang tetap mempertahankan Kesenian daerahnya, salah satunya adalah bapak Eme Suganda yang berasal dari kota Intan Garut. Dengan keahliannya beliau mengajari. Beliau mempunyai banyak murid hingga ribuan dari luar kota. Bahkan sampai ada orang belanda dan orang inggris hanya untuk belajar silat dari Bah Eme.
[Baca: Berlibur Pantai Selatan Garut]


Tidak hanya beliau banyak murid, tapi juga beliau mempunya prestasi yang seharusnya patut untuk diacungkan jempol. Abah Eme memnpunyai padepokan yang cukup terkenal di Jawa Barat, yaitu "Paguron Pencak Silat Sinar Pusaka Putra Garut", murid beliau sering mengikuti event - event disekitar daerah lokal, se- Provinsi, bahkan se Internasional. Beliau pun tidak kalah dengan saingannya, diantaranya padepokannya sering mendapatkan penghargaan.

Sosok Abah Eme di mata masyarakat adalah orang yang tidak ada kesan sombong, beliau selalu bersikap ramah kepada siapapun termasuk pada tamu dan murid. Kehidupan sehari - harinya tidak ada yang berbeda dari masyarakat lainnya.


Dalam kehidupannya telah mengalir seni bela diri dan sampai kapanpun beliau ingin melestarikan kesenian bela diri di Jawa Barat. Pemerintah senantiasa malu tidak memperhatikan kondisi Abah Eme pada saat ini. Beliau berharap agar kesenian bela diri di Jawa Barat tidak punah, dan berlangsung hingga seterusnya. Beliau dalam kondisi apapun muridnya tidak pernah memungut atau mewajibkan untuk membayar. Beliau selalu ikhlas menjalankan roda kehidupannya.

Walaupun umurnya sudah bukan muda lagi, tapi tekad Abah Eme masih berkeinginan untuk melanjutkan perjuangannya melestarikan seni bela diri Pencak Silat Kesenian Bela Diri Garut. Semoga pemerintah setempat sedikit memperhatikan Abah Eme.


Rekomendasi Untuk Anda × +
Load disqus comments

1 comments: