Wednesday, February 24, 2016

Salah Satu Kesenian Daerah Garut Paling Terkenal

Garut adalah kota yang memiiki potensial pariwasata, di mana - mana yang mencakup daerah Garut, hampir seluruhnya mempunyai seni masing - masing. Seperti di  Panembong yang berada di kecamatan Bayongbong, Kabupaten Garut. Garut memang sangat identik dan terkenal hewan khasnya yaitu Domba Garut, Domba Garut ini paling dikenal, karena kualitasnya yang baik dan memiliki tubuh yang kekar. Garut pun memiliki Pagelaran Seni Daerah Dodombaan yang cukup besar

sumber: http://wesavethem.blogspot.co.id/
Domba garut selain sebagai Icon hewan khas kabupaten garut juga kerap sekali diikutsertakan atau dijadikan sebagai icon kesenian. Seperti contohnya kesenian adu ketangkasan domba dan selain itu ternyata adalagi kesenian yang menjadikan domba sebagai iconnya, kesenian tersebut dinamakan dodombaan. Berbeda dengan kesenian ketangkasan domba yang memang agak mengandung unsur kekerasan, karena memang adu ketangkasan tersebut dengan cara mengadu domba secara langsung. Kesenian dodombaan ini justru tidak mengikut sertakan domba asli secara langsung akan tetapi, domba hanya dijadikan icon saja dengan membuat domba palsu atau dodombaan.

Kesenian dodombaan pada jaman sekarang jarang sekali terlihat, karena memang kesenian ini sudah jarang dipentaskan, kesenian ini hanya di pentaskan saat event - event, seperti pada Hari Jadi Garut ke-203. Minggu lalu (21/02/2016). Alangkah baiknya kita sebagai generasi penerus harus senantiasa menjaga dan melestarikan segala budaya dan kesenian yang telah diwariskan nenek moyang kita. Jangan sampai kita menjadi orang yang termasuk kedalam kelompok orang “kacang lupa kulit”. Semoga Domba Garut masih ada sampai generasi selajutnya.

Pementasan Adu Domba Garut

Source: Mang Maher
Rekomendasi Untuk Anda × +
Load disqus comments

0 comments